Tumbuhkan Rasa Peduli Lingkungan ala Cambridge Child Development Centre Manado

animasi_kunjungan_Cambridge_School

BP2LHK Manado (Manado, Mei 2019)_Bertema “Observation and Visit Study”, anak-anak dari Cambridge Child Development Centre Manado berkunjung ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado Jumat (13/5/2019).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan alam sekitar, menumbuhkan rasa kepedulian anak untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta melakukan observasi mengenai jenis-jenis tanaman dan hewan yang harus dilindungi dan dilestarikan,” kata Lady, ibu guru Cambridge Child Development Centre Manado yang turut mendampingi.

Guru Lady mengatakan, kegiatan Observation and Visit Study  ini dilakukan dengan membawa anak-anak melihat, merasakan dan mengalami secara langsung hal-hal yang perlu mereka ketahui di luar sekolah, salah satunya mengenal alam lebih dekat. Tentang pemilihan tempat kunjungan, kenapa BP2LHK Manado adalah karena dapat merepresentasikan tema kegiatan tersebut.

Kepala BP2LHK Manado, Ir. Dodi Garnadi, M.Si yang menerima kedatangan anak-anak ini menyambut baik kunjungan ini dan mengucapkan selamat datang ke BP2LHK Manado. ”Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini, semoga banyak pengalaman yang menyenangkan dan berharga dari kunjungan ini,” kata Dodi kepada anak-anak dan para guru pendamping.

“Kegiatan ini merupakan salah satu aksi BP2LHK Manado menanamkan kecintaan biodiversitas tropis Indonesia kepada generasi muda sebagai bagian dari Rencana Aksi Bela Negara Badan Litbang dan Inovasi Kementerian LHK,” tambah Dodi.

Dalam kunjungan ini, anak-anak dari Cambridge Child Development Centre Manado ini juga melihat langsung anoa yang ada di Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado. Selain itu, kepada anak-anak juga dikenalkan tumbuh-tumbuhan di arboretum dan pembibitan tanaman yang disampaikan oleh peneliti BP2LHK Manado Jafred Halawane, S.Hut, M.Sc. dkk.

Setelah mendengarkan materi, peserta diajak berkeliling melihat dari dekat anoa di ABC yang merupakan kerjasama dengan BKSDA Sulawesi Utara dan mitra ABC, serta diakhiri dengan praktik menanam di Persemaian Permanen kerjasama BP2LHK Manado dengan BPDASHL Tondano.

Harapannya, kunjungan semacam ini dapat menambah wawasan anak-anak tentang manfaat hutan dan beserta isinya. Dengan demikian dapat tertanam pemahaman tentang konservasi sejak dini, sehingga di masa depan mereka dapat menjaga dan melestarikan alam untuk kehidupan yang lebih baik.***MF

/ Event, Target Nasional 1

About the Author

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://inabif.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/basisdata-kawasan-konservasi
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://ejournal.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link