BP2LHK Aek Nauli Deklarasikan: Pohon Pinus Terbesar di Dunia Ada di Aek Nauli

animasi_Pinus_Merkusii_Terbesar_di_Dunia1

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Maret 2019)_Sebagai hutan yang didominasi oleh pohon pinus, di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli terdapat sebatang pohon pinus (Pinus merkusii) yang berumur sekitar 150 tahun yang sangat besar, dengan keliling pohon tiga kali rentangan tangan orang dewasa.

Memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-36 Tahun 2019, Senin (11/3/2019) Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli mendeklarasikan pohon pinus tersebut sebagai pohon Pinus merkusii terbesar di dunia.

“Setelah dilakukan pengukuran dan membandingkan dengan pohon pinus yang pernah dijumpai di daerah lain, hari ini kita deklarasikan pohon pinus ini sebagai pohon Pinus merkusii terbesar di dunia, dengan diameter 1,5 meter dan tinggi 50 meter,” kata Kepala BP2LHK Aek Nauli, Pratiara, S.Hut, M.Si di hadapan jajarannya di lokasi pinus terbesar tersebut.

“Kita jadikan juga pohon pinus ini sebagai destinasi wisata ilmiah baru di KHDTK Aek Nauli untuk mendukung wisata Danau Toba,” tambah Pratiara.

Pada kesempatan yang sama, peneliti BP2LHK Aek Nauli, Dr. Ahmad Dany Sunandar, S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa pohon pinus terbesar tersebut tumbuh menyendiri, dimana pohon pinus lain yang terdekat bisa dijumpai dengan jarak kurang lebih 100 meter dari lokasi.

“Pohon pinus ini merupakan jenis Pinus merkusii strain Aceh. Sampai sekarang, pohon pinus ini merupakan Pinus merkusii strain Aceh yang terbesar yang pernah dilakukan pengukuran dan masih hidup,” kata Dany.

“Mudah-mudahan ke depannya tidak ada gangguan, sehingga pohon pinus ini tetap tumbuh dan bisa menjadi sumber benih untuk penanaman di tempat lainnya,” tambah Dany.

Dany juga menyampaikan bahwa Pinus merkusii yang tumbuh di KHDTK Aek Nauli dengan luasan 1.900 ha ini ada 3 strain, yaitu strain Aceh, strain Tapanuli, dan strain Kerinci. Dengan ketinggian tempat 1.200-1.300 mdpl dan kondisi curah hujan sekitar 1.200-3.000 mm/tahun, serta jumlah bulan kering 0-3 bulan, tiga strain pinus tersebut dapat tumbuh dengan baik di KHDTK Aek Nauli.

Pinus merkusii atau pinus merupakan jenis pohon pionir berdaun jarum yang termasuk dalam family Pinaceae. Di Indonesia, secara alami pinus tumbuh baik di daerah Kerinci, Aceh, dan Tapanuli. Deskripsi botani pinus pada umumnya batang berkayu, bulat, keras, bercabang horizontal, kulit retak-retak seperti saluran dan berwarna cokelat, daunnya majemuk dan bentuk jarum.***NNN

Sumber: http://www.forda-mof.org/berita/post/5831-bp2lhk-aek-nauli-deklarasikan-pohon-pinus-terbesar-di-dunia-ada-di-aek-nauli

/ Aktifitas, Target Nasional 14

About the Author

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://inabif.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/basisdata-kawasan-konservasi
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://ejournal.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link