150 Mahasiswa Sylva Indonesia Praktik Lapangan di KHDTK Samboja

animasi_pmki_di_KHDTK_Samboja

Balitek KSDA (Samboja, Mei 2019)_Sebanyak 153 mahasiswa kehutanan dari kurang lebih 40 universitas se-Indonesia yang tergabung dalam Sylva Indonesia melakukan praktik lapangan selama dua hari, 28-29 April 2019 di KHDTK Samboja pada . Kegiatan praktik lapangan ini merupakan bagian dari rangkaian Pelatihan Mahasiswa Kehutanan Indonesia (PMKI) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Sylva Indonesia Pengurus Cabang Universitas Mulawarman.

Kegiatan praktik lapangan ini disambut baik oleh Kepala Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA), Dr. Ishak Yassir, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur Ir. Sunandar Trigunajasa, perwakilan Muspika Kecamatan Samboja, serta para mitra kerja sama Balitek KSDA.

Ucapkan selamat datang pada peserta PMKI 2019, Kepala Balitek KSDA dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu motto Balitek KSDA adalah mengundang dan mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama generasi muda untuk menjadi agen konservasi di Indonesia. Sebagai pengelola KHDTK Samboja, Balitek KSDA dengan senang hati menerima dan mendukung terlaksananya kegiatan PMKI 2019 di sana.

Sementara itu, Kepala BKSDA Kalimantan Timur berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh serta menambah pengalaman dalam bidang kehutanan sebagai bekal di masa mendatang.

“Kalian adalah generasi muda penerus estafet pembangunan kehutanan Indonesia. Kami yakin beberapa di antara kalian akan menjadi pemimpin pembangunan kehutanan di masa yang akan datang,” kata Sunandar.

Kegiatan praktik di KHDTK Samboja dimulai dengan penyampaian materi Teknik Identifikasi dan Pembuatan Spesimen Tumbuhan oleh tim Herbarium Wanariset Samboja. Materi selanjutnya adalah Konservasi dan Rehabilitasi Orangutan yang disampaikan oleh tim Jejak Pulang.

Dalam kesempatan ini juga dijelaskan berbagai kegiatan Orangutan Research Center (ORC) di bawah payung kerjasama tiga pihak yaitu BKSDA Kalimantan Timur, Balitek KSDA dan Yayasan Jejak Pulang. Selain itu, peserta PMKI mendapatkan materi Tree Climbing dari trainer Tree Monkey Project, USA, James Reed dan Jim Cairnes. Reforma Agraria (TORA) yang dipandu tim BPKH Wilayah IV Samarinda menjadi materi penutup pelatihan ini.

Pada malam harinya, para mahasiswa diajak untuk praktik identifikasi herpetofauna bersama tim peneliti Balitek KSDA. Seluruh peserta diajak melakukan eksplorasi berbagai jenis satwa reptil maupun amphibi yang dijumpai di area tegakan benih kapur dan meranti km. 7 KHDTK Samboja.

Kegiatan hari pertama diakhiri dengan acara api unggun serta pentas seni. Sembilan forum regional (Foreg) Sylva Indonesia yang hadir menampilkan aksinya pada momen ini. Berbagai sajian seni mulai dari musik, tarian, pembacaan puisi, serta stand up comedy menambah kemeriahan dan keakraban para peserta.

Di hari kedua, seluruh peserta PMKI 2019 melakukan field trip ke Bukit Bengkirai yang merupakan salah satu icon wisata alam berbasis kehutanan di Samboja. Pengelolaan jasa lingkungan Bukit Bengkirai di bawah PT Inhutani I.***

Link video: https://www.youtube.com/watch?v=XRJPa8JV_8g

/ Event, Target Nasional 1

About the Author

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://inabif.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/basisdata-kawasan-konservasi
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://ejournal.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link