Peluncuran Dokumen Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) Orangutan Indonesia 2019-2029

peluncuran SRAK OU

Diperkirakan terdapat lebih dari 60 ribu individu orangutan yang hidup di Indonesia, tersebar di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatra yang terdiri dari tiga spesies: orangutan sumatera (Pongo abelii), orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), dan orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis). Lebih dari 70% habitat orangutan berada di luar kawasan konservasi. Ini brarti untuk mengurus orangutan perlu melibatkan berbagai pihak di dalamnya, dengan kata lain kemitraan, adalah suatu keniscayaan, suatu keharusan. Hal ini terungkap dalam gelar wicara sebagai bagian dari acara Peluncuran Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) Orangutan Indonesia 2019-2029 di Ruang Rimbawan 3 Gedung Manggala Wanabakti pada Senin, 12 Agustus 2019 yang lalu. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah Wiratno (Dirjen KSDAE), Edi Suhardi (Ketua Kompartemen Hubungan Stakeholders GAPKI), Wahjudi Wardojo (Ketua Majelis Perwalian Anggota FORINA), dan Jamartin Sihite (CEO Borneo Orangutan Survival Foundation) sebagai moderator diskusi.

Dokumen ini merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi SRAK Orangutan sebelumnya (2007-2017) yang telah dilaksanakan pada 2009, 2010, 2011, dan 2013 serta hasil temuan dari kegiatan population and habitat viability assesment (PHVA) orangutan tahun 2016.

Strategi konservasi orangutan 2019-2029 terbagi lima bagian. Pertama, pengelolaan konservasi orangutan, yaitu melindungi habitat di dalam maupun luar kawasan konservasi. Kedua, program aturan dan kebijakan, mengembangkan dan mendorong terciptanya kawasan konservasi daerah berdasarkan karakteristik ekosistem, potensi, tata ruang wilayah, status hukum dan kearifan masyarakat. Ketiga, pengembangan kemitraan dan kerja sama, menyiapkan program kemitraan dan mendukung konservasi orangutan. Keempat, meningkatkan komunikasi dan penyadartahuan masyarakat. Kelima, pendanaan, di antaranya membangun skema perkreditan perbankan yang mengadopsi prinsip-prinsip konservasi orangutan, pendidikan konservasi, meningkatkan dukungan pemangku kepentingan dan mendorong dukungan pelaku usaha.

/ Aktifitas, Berita, Target Nasional 12

About the Author

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://inabif.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke :Β http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/basisdata-kawasan-konservasi
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke :Β http://ejournal.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link