Background

Indonesia telah menunjukkan komitmen dalam pengelolaan keanekaragaman hayati pada tataran global dan nasional melalui ratifikasi Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD) menjadi UU nomor 5 tahun 1994.

Dari awal penyusunan dan negosiasi Konvensi, telah disadari bahwa pengetahuan ilmiah dan penguasaaan teknologi mempunyai peranan yang penting dalam menjaga keberlanjutan keanekaragaman hayati bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Untuk itu diperlukan kerjasama para pihak baik ditingkat nasional maupun internasional dalam rangka konservasi dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan.

Balai kliring didisain untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi keanekaragaman hayati dengan menarik pelajaran dari berbagai pengalaman pengguna dan berbagai sumber yang tersedia.

Year 1995

Pertemuan COP II Jakarta tahun 1995 menghasilkan keputusan II/3 yaitu setiap pihak dituntut komitmennya untuk mengembangkan kebijakan program dan kaitan yang berkaitan dengan akses dan penyebarluasan informasi serta upaya pengelolaan keaneakragaman hayati di dalam suatu mekanisme “Clearing House Nasional”

Year 1994

UU No.5 tahun 1994 tentang Pengesahan Konvensi PBB mengenai Keanekaragaman Hayati diterbitkan dan Indonesia merupakan negara ke 8 yang menandatangani konvensi ini.

COP I di Nassau Baham, dikeluarkan Keputusan I/3 mengenai pembentukan Clearing House Mechanism (CHM) yang bertujuan untuk memfasilitasi kerjasama teknik dan ilmiah.

Year 1992

Konferensi Tingkat Tinggi Bumi di Rio de Janeiro, Brazil. Dalam ayat (3) Article 18 konvensi dinyatakan perlu diciptakannya mekanisme pertukaran informasi untuk mengatasi kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai keanekaragaman hayati serta adanya kebutuhan mendesak untuk mengembangkan kapasitas ilmiah, teknis dan kelembagaan untuk menyediakan pengertian dasar sebagai landasan didalam merencanakan dan melaksanakan tindakan yang sesuai dalam pengelolaan keanekaragaman hayati.

Subcribe information? Please submit your email

Make sure your data is verified before accessing

shadow

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://inabif.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/basisdata-kawasan-konservasi
Lanjutkan
close-link

Anda akan meninggalkan halaman website Balai Kliring Keanekaragaman Hayati Indonesia,

Apakah anda yakin?

Menuju ke : http://ejournal.lipi.go.id/
Lanjutkan
close-link